Minggu, 09 Januari 2011

PREDIKSI UN 2010

PERSIAPAN UN

SKL 1
1. Yang merupakan besaran pokok,satuan pokok dan alat ukur yang benar ....

Besaran Satuan Alat ukur
1 massa kg Neraca
2 waktu sekon Stopwatch
3 panjang meter mistar
4 suhu Celcius termometer
A. 1,2,3 C. 2,3,4
B. 1,3,4 D. 1,2,4

2. Besaran pokok dan satuan dalam Sistem Internasional ditunjukkan pada ….
          Besaran          Satuan
    A   panjang           meter
    B   suhu                celcius
    C   kecepatan       km/jam
    D   berat               gram
A Panjang meter
B Suhu celcius
C Kecepatan km/jam
D berat gram

3. Perhatikan gamba!












Volume batu tersebut adalah ....
A. 85 ml
B. 60 ml
C. 25 ml
D. 20 ml






4. Seorang siswa melakukan pengukuran dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :



Maka massa benda tersebut adalah….
A. 0,152KG
B. 0, 125 cm³
C. 0,133 cm³
D. 0,127 cm³





5. Perhatikan gambar berikut !
Pengukuran volume benda dilakukan dengan mencelupkan benda pada bejana. Dari data yang tampak pada alat ukur, volume benda tersebut adalah ....
A. 25 cm³
B. 35 cm³
C. 60 cm³
D. 85 cm³

6. Perhatikan gambar alat dan bahan berikut !
Mmaka volume benda adalah ....
a. 237 gram
b. 263 gram
c. 300 gram
d. 380 gram









SKL 2

1. Perhatikan kegiatan yang tergambar dengan urutan berikut.





Massa jenis benda P berdasarkan data diatas ....
A. 0,0084 kg/m3 C. 5250 kg/m3
B. 8,4 kg/m3 D. 8400 kg/m3

2. Seorang siswa melakukam pengukuran dengan menggunakan alat dan bahan berikut : :






Dari data yang diperoleh dari pengukuran seperti pada gambar, maka massa jenis logam tersebut adalah ....
A. 3,9 gram/cm3 C 7,3 gram/cm3.
B. 6,3 gram/cm3 D. 8,9 gram/cm3










3. Siswa melakukan percobaan massa jenis sebagai berikut,








4. Jika massa jenis batu 6,4 g/cm3 berapakah volume batu ?
a. 250 cm3 c. 500 cm3
b. 1000 cm3 d. 1500 cm3


Batu






SKL 3.

1. Empat siswa melakuka pengamatan terhadap kedua bimetal yang tersusun dari logam A, B, C, ketika dipanaskan keduanya melengkung dengan arah seperti tampak pada gambar berikut !





Berdasarkan hasil pengamatan, empat orang siswa memberikan pendapat sebagai berikut :
Siswa Koefisien massa panjang logam
Urutan Jenis logam
1
2
3
4 dari besar ke kecil
dari besar ke kecil
dari kecil ke besar
dari kecil ke besar A B C
B C A
C B A
C A B
Pendapat yang benar disampaikan oleh siswa ... .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4



2. Perhatikan skema alarm kebakaran berikut




Agar bimetal AB berfungsi dengan baik ketika terjadi kebakaran maka ....
A. koefisien muai logam A > B
B. massa jenis logam B < A
C. kalor jenis logam A, B
D. massa jenis logan A < B
3. Disajikan gambar seterika listrik yang dilengkapi dengan termostat berikut !









Pengaruh oleh kenaikan suhu seterika, membuat posisi bimetal melengkung seperti pada gambar. Hal ini disebabkan ….
A. kalor jenis logam (B) lebih besar daripada kalor jenis logam (A)
B. kalor jenis logam (B) lebih kecil dairpada kalor jenis logam (A)
C. koefisien muai panjang logam (B) lebih besar daripada koefisien muai panjang logam (A)
D. koefisien muai panjang logam (B) lebih kecil daripada koefisien muai panjang logam (A)


SKL 4

1. Perhatikan grafik perubahan wujud 600 g es berikut!






Jika kalor jenis es 2.100 J/kg0C, kalor lebur es 330.000 J/kg, dan kalor jenis air 4.200 J/kg0C maka kalor yang diperlukan pada proses B – D adalah ....
A. 12,6 kJ C. 198 kJ
B. 126 kJ D. 324 kJ

2. Perhatikan grafik antara suhu terhadap waktu, hasil suatu pemanasan lilin padat berikut ini!







Pada detik ke berapakah air tersebut akan mendidih?
A. antara 20 – 50 detik
B. antara 50 – 100 detik
C. kurang dari 100 detik
D. lebih dari 100 detik






3. Perhatikan grafik hasil suatu percobaan berikut!











Air sebanyak 2 kg bersuhu 60 ºC akan diuapkan, Jika kalor uap air 2,27 x 106 J/kg, kalor jenis air 4.200 J/(kgºC) dan tekanan udara pada saat ini 1 atmosfir, maka kalor yang diperlukan untuk proses B – C adalah ....
A. 336 kilojoule
B. 4.540 kilojoule
C. 4.876 kilojoule
D. 5.212 kilojoule

4. Perhatikan grafik perubahan 800 gram es berikut.







Jika kalor jenis es 0,5 kkal/kg0C, kalor lebur es 80 kkal/kg dan kalor jenis air 1 kkal/kg0C maka kalor yang diperlukan pada proses A-C adalah ....
A. 4 kkal C. 64 kkal
B. 32 kkal D. 68 kkal


SKL 5
1. Berikut ini adalah gambar hasil rekaman ticker timer dari gerak suatu benda.





GLBB dipercepat dan GLB berturut-turut ditunjukkan oleh pita ....
A. 1 dan 2 C. 3 dan 2
B. 1 dan 4 D. 4 dan 2

2. Hasil rekam jejak ticker timer dari gerak benda tampak seperti gambar berikut.


Grafik yang sesuai dengan gerak benda tersebut adalah ....






3. Berikut beberapa contoh gerak dalam kehidupan sehari-hari :
1. melempar bola vertikal keatas
2. naik sepeda menuruni bukit
3. mobil di rem mendekati persimpangan
4. bola menggelinding dirumput akhirnya berhenti
5. kelapa jatuh dari pohonnya
yang termasuk gerak lurus diperlambat beraturan ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2 , 3 dan 4
b. 1 , 3 dan 4
c. 2 , 3 dan 5
d. 1 , 3 dan 5
4. Perhatikan gambar berikut !



Gerakan kelapa jatuh ( gambar I ) dan gerak bola yang dilempar vertikal ke atas oleh seorang siswa ( gambar II )memiliki jenis gerak ….
gambar I gambar II
A. GLBB dipercepat GLBB diperlambat
B. Gerak lurus beraturan GLBB dipercepat
C. GLBB diperlambat GLBB dipercepat
D. GLBB diperlambat Gerak lurus beraturan










SKL 6

1. Perhatikan gambar ikan dalam bejana berikut !






Jika percepatan gravitasi bumi di tempat ini sebesar 10 m/s², maka tekanan hidrostatis tepat dimulut ikan tersebut adalah ….
A. 8500 N/m²
B. 6000 N/m²
C. 3500 N/m²
D. 2500 N/m²

2. Seekor ikan berada dalam air seperti gambar.


120 cm

Jika massa jenis air 1,1 g/cm3 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, tekanan air yang diterima ikan tersebut adalah ....
A. 330 N/m2 C. 1320 N/m2
B. 990 N/m2 D. 9900 N/m2



3. Perhatikan tabel hasil percobaan berikut !

Percobaan Tekanan (N/m²) Luas bidang tekan (m²)
1
2
3
4 60
48
35
42 4
6
5
6

Dari data yang tampak pada tabel tersebut, gaya tekan terbesar dan terkecil dilakukan pada percobaan….
A. ( 1 ) dan ( 2 )
B. ( 1 ) dan ( 4 )
C. ( 2 ) dan ( 3 )
D. ( 3 ) dan ( 4 )



4. Balok diptempatkan pada lantai seperti gambar.
Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka tekanan yang diberikan balok terhadap lantai ....
A. 150 N/m2
B. 300 N/m2
C. 600 N/m2
D. 1800 N/m2

5. Apabila ke empat balok memiliki berat yang sama, maka balok yang memiliki tekanan terkecil ditunjukan pada gambar ....



SKL 7

2. Urutan perubahan energi yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) adalah ....
A. energi kinetik – potensial gravitasi – listrik – gerak .
B. energi potensial gravitasi – kinetik – listrik
C. energi kistrik – gerak – potensial gravitasi
D. energi kinetik – listrik – potensial gravitasi
3. Seorang siswa melakukan pengukuran GGL sebuah baterai seperti pada gambar berikut :












Jika sakelar (S) ditutup dan arus listrik mengalir sesuai arah A→B, maka urutan perubahan energi yang terjadi adalah ….
A. energi kimia  energi gerak  energi listrik
B. energi kimia  energi listrik  energi gerak
C. energi gerak  energi kimia  energi listrik
D. energi gerak  energi listrik  energi kimia


SKL 8

1. Perhatikan gambar berikut!





Apabila benda berpindah sejauh 4 meter, maka usaha yang dilakukan oleh ketiga gaya adalah .....
a. 60 joule
b. 120 joule
c. 140 joule
d. 200 joule

2. Perhatikan gambar!








Usaha yang dilakukan oleh kedua gaya tersebut adalah .....
A. 200 joule
B. 250 joule
C. 300 joule
D. 350 joue

3. Seorang siswa memiliki massa 40 kg. Ia sedang berlari mengelilingi lapangan dengan
kecepatan 2 m/s. Energi kinetik yang dimiliki siswa tersebut sebesar ....
A. 80 Joule
B. 42 Joule
C. 38 Joule
D. 20 Joule

5. Perhatikan gambar posisi seorang siswa akan meloncat berikut !













Energi potensial yang dimiliki siswa tersebut ketika siswa berada di A seperti pada gambar adalah....
A. 1200 joule
B. 2400 joule
C. 4800 joule
D. 6000 joule







SKL 9

1. Perhatikan gambar !




Kelompok pesawat sederhana yang sejenis dengan gambar tersebut adalah
a. Sekop c. gerobag


b. Gunting d. Pisau




2. Perhatikan gambar berikut!

1.






Di antara keempat pesawat sederhana tersebut, yang memiliki prinsip kerjanya sama adalah....
A. I dan II B. II dan IV C. II dan IV D. III dan IV

SKL 10
1. Perhatikan gambar !







Jika panjang gelombang 8 meter, maka cepat rambat gelombang adalah…
A. 2 m/s
B. 10 m/s
C. 15 m/s
D. 20 m/s

2. Perhatikan Gambar berikut !






Suatu beban digantungkan pada pegas seperti pada gambar, kemudian digetarkan. Jika dalam 3 detik terjadi 18 kali gerakan pegas bolak-balik, berarti frekuensi getarannya ….
A. 3 Hz
B. 6 Hz
C. 9 Hz
D. 12 Hz

3. Perhatikan data kepustakaan berikut!

No Medium Cepat rambat bunyi (m/s)
1 Alumuniun 6.420
2 Granit 6.000
3 Baja 5.960
4 Tembaga 5.010
Dalam waktu yang sama jarak tempuh terjauh dan terdekat gelombang bunyi berturut turut merambat melalui medium....
A. granit dan baja
B. alumunium dan tembaga
C. baja dan tembaga
D. alumunium dan granit

4. Gelombang A - B berikut terjadi selama 0,4 sekon.



Cepat rambat gelombang ini adalah ....
A. 0,5 m/s B. 1,6 m/s C. 2 m/s D. 6 m/s
SKL 11
1. Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :



Ia getarkan penggaris tersebut, dan menghasilkan 1000 getaran setiap menitnya. Namun siswa tersebut tidak mendengarkan bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
A. tekanan udara pada saat ini lebih besar dari 76 cmHg
B. bunyi yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA
C. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz
D. dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1. kuat bunyi ditentukan oleh amplitudo
2. tinggi nada bunyi ditentukan oleh frekuensi
3. perioda getaran mempengaruhi kuat lemahnya bunyi
4. resonansi udara berpengaruh terhadap frekuensi bunyi
Per nyataan yang benar adalah ....
A. 1,2 C. 2,4
B. 2,3 D. 1,3
3. Perhatikan gambar seorang siswa menempelkan telinganya pada rel kereta api berikut !
Bunyi kereta api dapat didengar oleh telinga siswa tersebut, walaupun posisinya masih jauh. Hal ini merupakan bukti bahwa....


a. bunyi kereta api hanya dapat merambat melalui
rel kereta api
b. bunyi kereta api sebagian besar merambat melalui rel
kereta api
c. jika ada rel kereta api, udara tidak dapat
merambatkan bunyi
d. bunyi merambat pada rel kereta api lebih cepat
daripada di udara

4. Untuk mengukur kedalaman laut sebuah kapal menembakan gelombang bunyi kea rah dasar laut. Bunyi yang dipantulkan dari dasar laut terdengar kembali di kapal setelah 0,8 detik. Jika kecepatan bunyi di dalam air 1500 m/s, berapakah kedalaman laut tersebut …
a. 120 m b. 240 m c. 600 m d. 1200 m
5. Seorang siswa mendengar bunyi petir 5 detik setelah melihat kilat, jika kecepatan bunyi di udara 1200 m/s, hitung ketinggian tempat kejadian petir.
a. 1200 m b. 3000 m c. 6000 m d. 7000 m



SKL 12
1. Lilin terletak di depan cermin seperti pada gambar berikut.




Jika jarak fokus cermin 20 cm maka bayangan yang diperoleh bersifat ....
A. maya dan diperbesar ½ kali
B. nyata dan diperbesar 1,5 kali
C. nyata dan diperbesar 2 kali
D. maya dan diperbesar 3 kali
2. Diagram di bawah ini menunjukkan sebuah benda diletakkan di depan lensa cembung dengan
jarak fokus dan posisi benda seperti pada gambar.
Jarak bayangan yang dibentuk berada dari lensa sejauh ....
A. 80 cm
B. 60 cm
C. 40 cm
D. 27 cm


3. Benda terletak didepan lensa dan tinggi bayangannya tampak seperti gambar.




Jarak fokus lensa tersebut adalah ....
A. 15 cm C. 30 cm
B. 20 cm D. 40 cm
SKL 13
1. Perhatikan gambar jalannya sinar melalui kacamata sebelum dan sesudah menggunakan lensa
kacamata berikut !






Berdasarkan data yang diperlihatkan pada gambar I dan II, dapat dipastikan ....
cacat mata yang diderita Penyebab Jenis lensa kacamata yang dapat mengatasi
A Hipermitropi titik dekat mata bergeser menjauhi mata negatif ( - )
B Hipermitropi titik dekat mata bergeser mendekati mata positif ( + )
C Miopi titik jauh mata bergeser menjauhi mata positif ( + )
D Miopi titik jauh mata bergeser mendekati mata negatif ( - )

2. Perhatikan gambar jalannya sinar datang menuju lensa mata berikut !

Sinar - sinar bias berpotongan seperti pada gambar,oleh karena itu dapat dipastikan....
Cacat mata yang diderita Jenis kaca mata yang dapat mengatasi
A. Miopi Berlensa cekung
B. Miopi Berlensa cembung
C. Hipermitropi Berlensa cembung
D. Hipermitropi Berlensa cekung

3. Perhatikan gambar!






Jenis cacat mata dan kacamata apakah pada gambar secara berurut yang sesuai dengan penderita mata tersebut?
a. Rabun jauh dan lensa cembung
b. Rabun jauh dan lensa cekung
c. Rabun dekat dan lensa cekung
d. rabun dekat dan lensa cembung

SKL 14
1. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :

Jika batang kaca digosok secara berulang kali dengan ….
kain Proses perpindahan elektron Jenis muatan
yang dihasilkan
A
B
C
D I
II
I
II sebagian elektron batang kaca berpindah ke kain I
sebagian elektron batang kaca berpindah ke kain II
sebagian elektron kain I berpindah ke batang kaca
sebagian elektron kain II berpindah ke batang kaca muatan positif
muatan positif
muatan negatif
muatan negatif

2. Sisir yang telah digososk dengan kain wol dapat menarik potongan-potongan kertas Tisu.




proses perpindahan elektron dan jenis muatan listrik yang ditimbulkan pada kegiatan tersebut adalah ….
a. Penggosokan dengan kain wol menyebabkan terjadinya perpindahan proton dari atom-atom kain wol ke sisir dan akibatnya sisir bermuatan listrik positif.
b. Penggosokan dengan kain wol menyebabkan terjadinya perpindahan elektron dari atom-atom kain wol ke sisir dan akibatnya sisir bermuatan listrik positif.
c. Penggosokan dengan kain wol menyebabkan terjadinya perpindahan proton dari atom-atom kain wol ke sisir dan akibatnya sisir bermuatan listrik negatif.
d. Penggosokan dengan kain wol menyebabkan terjadinya perpindahan ekektron dari atom-atom kain wol ke sisir dan akibatnya sisir bermuatan listrik negatif.


3. Plastik digosok dengan kain wol. Yang terjadi adalah ....
A. plastik bermuatan listrik negatif karena elektron pindah dari wol ke plastik
B. palastik bermuatan listrik positif karena proton mengalir dari plastik ke wol
C. wol bermuatan negatif karena elektron berpindah dari plastik ke wol
D. wol bermuatan positif karena proton mengalir dari plastik ke wol

4. Perhatikan benda sesuai gambar berikut.




Pemberian muatan listrik dapat dilakukan dengan cara menggosok benda 1 dengan benda ....
A. 2, elektron pindah dari 2 ke 1 dan 1 bermuatan listrik negatif
B. 3, elektron pindah dari 1 ke 3 dan 3 bermuatan listrik negatif
C. 2, elektron pindah dari 1 ke 2 dan 1 bermuatan listrik positif
D. 3, elektron pindah dari 3 ke 1 dan 1 bermuatan listrik negatif

SKL 15
1. Perhatikan rangkaian listrik berikut.





Jika hambatan dalam elemen 2Ω dan hambatan penghantar diabaikan maka kuat arus I sebesar ....
A. 0,48A C. 2A
B. 1,5A D. 4,8A

2. Perhatikan rangkaian listrik berikut.



Jika hambatan kawat diabaikan, hambatan elemen 1Ω dan kuat arus dititik I sebesar 0,5A maka ggl sumber tegangnan E adalah ....
A. 3 V C.6 V
B. 5,5 V D.15 V
3. Jika masing masing penghambat bernilai sama, maka di antara ke empat rangkaian
penghambat berikut yang nilai hambatan penggantinya terbesar adalah....

A.



B.


C.

D.

4. Perhatikan gambar!











Kuat arus listrik ( I ) yang mengalir melalui rangkaian listrik tersebut adalah ....
A. 1.5 ampere
B. 2.0 ampere
C. 3.0 ampere
D. 4.0 amper

SKL 16
1. Ketika tarif harga energi listrik per kWh adalah Rp 400,00, pesawat TV setiap hari bekerja rata-rata 4 jam. Jika alat ini dihubungkan dengan sumber tegangan listrik 220 volt dan memakai arus listrik sebesar 0,5 ampere, maka biaya pemakaian energi listrik per bulan ( 30 hari ) sebesar ....
A. Rp 52.800,00
B. Rp 5.280,00
C. Rp 5.250,00
D. Rp 4.280,00

2. Tarif listrik sebesar Rp 500,- per kWh. Seorang siswa menggunakan sebuah seterika yang memiliki spesifikasi 220 volt/500 Watt dan dipasang pada tegangan yang sesuai. Dengan menggunakan alat tersebut selama 48 jam, ia harus membayar ongkos sewa energi listrik yang digunakan sebesar ...
A. Rp. 5.760,00
B. Rp. 12.000,00
C. Rp. 13.440,00
D. Rp. 34.560,00

3. Pesawat TV dinyalakan rata-rata 8 jam sehari. Pesawat TV tersebut mengalir arus
listrik 0,5 ampere ketika dihubungkan pada tegangan 220 volt. Jika tarif listrik Rp
400,00 per kWh, maka biaya pemakaian energi listrik untuk TV tersebut selama 1
bulan ( 30 hari ) sebesar ....
A.Rp 11.540,00 C. Rp 2.640,00
B.Rp 10.560,00 D. Rp 1.320,00
4. Perhatikan gambar teko listrik berikut !
Ibu memanaskan air dengan teko listrik dan menghubungkannya pada sumber tegangan PLN yang sesuai dengan spesifikasinya seperti pada gambar. Jika arus listrik yang mengalir pada alat tersebut 400 mA, maka teko tersebut menggunakan daya listrik sebesar ....
A. 88 kilowatt
B. 8,8 kilowatt
C. 0,88 kilowatt
D. 0,088 kilowatt


5. Pada sebuah lampu tertulis 40 W / 220 V, jika lampu menyala selama 10 menit beraapa
energi listrik yang digunakan menyalakan lampu?
a. 1200 Joule b. 2400 Joule c. 12000 Joule d. 24000 Joule.





SKL 17

1.. Perhatikan gambar berikut !

Batang besi

Kutub magnet yang dihasilkan dari penggosokkan adalah ….
a. 1 = selatan, 2 = utara , magnet permanent
b. 1 = utara, 2 = selatan, magnet permanent
c. 1 = selatan, 2 = utara, magnet sementara
d. 1 = utara, 2 = selatan, magnet sementara

2. Perhatikan gambar berikut !









Setelah besi PQ dan RT digosok berulang kali dan searah seperti pada gambar, maka jenis kutub yang dihasilkan adalah….



Ujung Q Ujung R
A. kutub selatan kutub selatan
B. kutub utara kutub utara
C. kutub selatan kutub utara
D. kutub selatan kutub selatan



3. Perhatikan gambar berikut !





Setelah baja tersebut dialiri arus listrik beberapa waktu seperti pada gambar, maka….
Pilihan Kutub magnet yang dihasilkan Sifat magnet yang dihasilkan
Ujung K Ujung L
A. Kutub utara Kutub selatan Permanen
B. Kutub selatan Kutub utara Sementara
C. Kutub utara Kutub selatan Sementara
D. Kutub selatan Kutub utara permanen

4. Seorang siswa menggosokkan sebuah magnet dengan batang batang besi seperti pada
gambar berikut :


Jenis kutub magnet (L) yang digosokkan dan kutub magnet (P) dan (Q) yang dihasilkan dalam percobaan dicatat dalam tabel berikut :

Percobaan Jika ujung L maka
ujung P ujung Q
1 K. utara K. selatan K. utara
2 K. selatan K. utara K. utara
3 K. utara K. utara K. selatan
4 K. selatan K. selatan K. utara

5. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :
Setelah batang besi dan kedua paku menjadi magnet seperti pada gambar, jenis kutub magnet yang dihasilkan adalah ….
Besi Paku kedua
ujung X ujung K ujung L
A. K. utara K. utara K. selatan
B. K. utara K. selatan K. utara
C. K. selatan K. selatan K. utara
D. K. selatan K. utara K. selatan





6. Perhatikan elektromagnet berikut.





Jika AB dan CD terbuat dari baja maka AB dan CD menjadi magnet ...
A. tetap, A-B-C-D sebagai kutub U-S-S-U
B. tetap, A-B-C-D sebagai kutub S-U-S-U
C. sementara, A-B-C-D sebagai kutub S-U-U-S
D. sementara, A-B-C-D sebagai kutub S-U-S-U

SKL 18
1. Berikut ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi
1. banyaknya lilitan / kumparan
2. besarnya arus listrik
3. kuat magnet
4. gerak magnet
a. 1,2, dan 3 b. 1,2 dan 4 c. 1,3 dan 4 d. 2,3 dan 4

SKL 21
1. Perhatikan gambar berikut!





Berdasar gambar tersebut mununjukkan bahwa makhluk hidup memilki ciri ...
A. adaptasi
B. reproduksi
C. iritabilita
D. respirasi
2. Perhatikan gambar berikut!




Berdasar gambar tersebut mununjukkan bahwa makhluk hidup memilki ciri ....
A. bernafas
B. berkembangbiak
C. tumbuh
D. peka terhadap rangsang

SKL 22
1. Perhatikan kelompok hewan berikut!



Berdasar gambar tersebut maka hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah….
A. P dan Q
B. Q dan R
C. Q dan S
D. R dan S
2. Perhatikan pernyataan berikut!
Pak Amir suka sekali bercocok tanam, ia menanam berbagai banyak tanaman. Beberapa tanaman ditanamnya antara lain kacang tanah, kacang panjang, jagung, padi, semangka, labu, dan ubi, namun terkadang ilalang pun ikut tumbuh. Anton anak pak Amir mengelompokkan tanaman jagung, padi dan ilalang dalam kelompok A sementara semangka, labu dan ubi dalam kelompok B.
Dari pernyataan tersebut dapat diperoleh data bahwa Anton mengelompokkan tanaman A berdasar pada ...
A. tidak adanya jaringan pengangkut
B. daun seperti pita dan runcing di ujung
C. memiliki akar serabut dan kuat
D. menjalar dan bersulur

SKL 23
1. Perhatikan bagan berikut!







Jika populasi ayam menipis jumlahnya maka yang terjadi adalah … .
A. populasi musang meningkat
B. populasi tikus meningkat
C. menurunnya jumlah ular
D. Meningkatnya populasi belalang

SKL 24
1. Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah perkotaan untuk mengurangi
tingkat pencemaran air sungai adalah...
A. melarang membuang sampah di sungai
B. menambah jumlah aliran sungai
C. menanam pohon di pinggir aliran sungai
D. membuat undang-undang anti pencemaran

2. Usaha-usaha mengatasi pencemaran
1. Program reboisasi
2. Pembatasan penggunaan bahan bakar fosil
3. Daur ulang limbah plastik
4. Program kali bersih
5. Daur ulang limbah industry
Dari pernyataan di atas usaha yang paling tepat untuk mengatassi pencemaran udara adalah …
a. 1, 3 dan 4 b. 1, 2 dan 5 c. 2, 4 dan 5 d. 3, 4 dab 5

SKL 25

1. Usaha yang dilakukan untuk melestarikan orangutan yang hampir punah akibat eksploitasi hutan adalah....
A. Membangun kebun raya
B. membuat undang-undang anti perburuan
C. mendirikan kebun binatang
D. menangkarkan di habitat aslinya
2. Usaha yang dilakukan untuk melestarikan Badak Bercula Satu (Rhinocerus sondaicus) di Ujung Kulon yang hampir punah adalah....
A. membangun sarang tempat tinggalnya
B. membuat undang-undang anti perburuan
C. rehabilitasi program konservasi Badak Bercula Satu
D. menangkarkan di habitat aslinya

SKL 26
1. Pertumbuhan jumlah penduduk semakin cepat, akibatnya adalah persediaan tempat tinggal akan menjadi kebutuhan yang harus segera diselesaikan. Dampak yang dapat muncul dari keadaan seperti ini adalah.....
A. meningkatnya angka kriminalitas
B. menipisnya hutan sebagai paru-paru bumi
C. munculnya Hutan Tanaman Industri
D. meningkatnya kesejahteraan penduduk
2. Dampak yang ditimbulkan terhadap ketersediaan sumber daya alam akibat pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin tinggi adalah ....
A. meningkatnya angka kriminalitas
B. menipisnya ketersediaan bahan bakar fosil
C. munculnya Hutan Tanaman Industri
D. meningkatnya kesejahteraan penduduk
SKL 27
1. Perhatikan gambar berikut!

Sendi yang ditunjukkan oleh huruf Q adalah ....
A. engsel
B. peluru
C. putar
D. pelana
2. Perhatikan gambar berikut!



Sifat kerja otot yang berperan dalam gerak seperti ditunjuk oleh gambar adalah...
A. otot pronasi C. otot suprinasi
B. otot antagonis D. otot kontraksi
Folder)DVD 2/ Materifisika edu) sistem gerak
SKL 28
1. Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut!

Enzim tripsin dihasilkan oleh organ yang ditunjuk oleh huruf....
A. R
B. S
C. T
D. U
2. Sebutkan enzim-enzim yang lain
Folder) DVD / Kumpulan materi IPA /OSN grand topic / sistem pencernaan
SKL 29
1. Darah yang menuju ke seluruh tubuh berasal dari jantung bagian....
A. bilik kiri
B. bilik kanan
C. serambi kiri
D. serambi kanan
2. Darah dari paru-paru akan menuju ke jantung membawa darah yang kaya oksigen melalui....
A. Vena pulmonalis
B. Arteria pulmonalis
C. Vena cava superior
D. Vena cava inferior
Folder) DVD 2 / kumpulan materi ipa p point/ cd interaktif

SKL 30
1. Perahatikan gambar penampang ginjal berikut!

Proses augmentasi berlangsung pada bagian yang ditunjuk oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

2. Proses filtrasi darah pada ginjal berlangsung pada bagian....
A. rongga ginjal
B. nefron
C. tubulus kontortus
D. lengkung henle
Folder) DVD 2